Hubungi Kami
indonesia

PROFIL


Selamat datang di website KOPERTIS Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Jl. Tentara Pelajar 13 Yogyakarta
 
 
Kantor Kopertis Wilayah V merupakan suatu lembaga yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang bertanggung jawab dalam pembinaan pendidikan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kantor Kopertis yang merupakan salah satu instansi vertikal di daerah sebagai kepanjangan tangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, dipimpin oleh seorang Koordinator dibantu oleh Sekretaris Pelaksana, Kepala Bagian / Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian / Kepala Seksi dan para pegawai. Koordinator Kopertis dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas Kopertis adalah melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap penyelenggaraan program studi Perguruan Tinggi Swasta di wilayahnya.
 
 
Wilayah Koordinasi KOPERTIS Wilayah V meliputi 1 Kota dan 4 Kabupaten yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Sleman. Per Desember 2013, kondisi PTS berjumlah 115 PTS terdiri atas 107 PTS Aktif dan 8 PTS Non Aktif yang status kelembagaannya masih dimintakan pertimbangan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dari 107 PTS aktif tersebut terdiri dari 527 program studi dimana kondisinya 4 prodi Phasing Out dan 10 prodi Proses penutupan, sehingga program studi yang aktif tinggal 513 program studi. Rincian dari 8 PTS Non Aktif antara lain : STIE Kerjasama, STMIK Pelita Nusantara Yogyakarta, Akademi Bahasa Asing YIPK Yogyakarta, Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia Bantul, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ”Aster”, Akademi Teknologi Otomotif Nasional, Akademi Seni Rupa dan Desain Akseri, dan Politeknik PPKP. Dari 107 PTS aktif dengan 513 program studi tersebut, dirinci sebagai berikut :  18 Universitas dengan 293 prodi, 4 Institut dengan 25 prodi, 37 Sekolah Tinggi dengan 120 prodi, 41 Akademi dengan 52 prodi dan 7 Politeknik dengan 23 prodi.
 
 
Yogyakarta mempunyai tradisi pendidikan yang telah dikenal sejak lama. Yogyakarta yang juga dikenal mempunyai budaya Adiluhung, mempunyai masyarakat yang sangat toleran, tempat berkumpulnya segala suku bangsa dari seluruh pelosok Indonesia, telah lebih memperkaya pendidikan budi pekerti dan karakter mahasiswa.