Tak biasa itulah suasana di Ruang Utama Sidang Kantor Kopertis Wilayah V yang dimeriahkan oleh ibu-ibu Darma Wanita Kopertis Wilayah V dengan mengenakan pakaian nasional. Ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan Dharma Wanita "Persatuan" (DWP) Kopertis dibawah kepemimpinan ibu Erni Hestiningrum selaku ketua dharma wanita kopertis periode 2015-2020. Peringatan hari kartini 21 April tersebut diselenggarakan oleh DWP Kopertis Wilayah V yang dimotori oleh Ikatan Wanita Widya Mataram Yogyakarta (IWWAMY) yang diketuai oleh Dr. Ambar Rukmini. Acara begitu meriah, dengan mengangkat tema “Peran Wanita di Masa Sekarang”. Selain ceramah yang akan disampaikan oleh Dra. Elly Nurhayati, MPH., Ph.D, peringatan hari Kartini juga dimeriahkan dengan pemilihan busana nasional terbaik, terluwes, termodis, dan terheboh.

Diawali dengan sambutan Koordinator Kopertis Wilayah V Dr. Ir. Bambang Supriyadi CES., DEA., dalam pidatonya Beliau berpesan agar para ibu dapat mengatur waktu dengan lebih baik dan jangan menjadikan hari Kartini hanya sebagai sebuah ritual melainkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan ke depan. 

Selanjutnya sambutan oleh penyelenggara kegiatan ibu Ambar Rukmini mengatakan bahwa “Pendidikan merupakan hal utama sebagai pengembang utama karir dan pembentukan karakter dan seorang wanita tetap harus mengikat sebagai kodratnya sebagai wanita dalam keluarga". Ditemui secara terpisah Ketua Umum DWP Kopertis Wilayah V mengatan bahwa dirinya sangat senang dengan kegiatan tersebut, “Saya sangat bersyukur bahwa semua berjalan lancar sesuai rencana. Semoga kedepannya menjadi lebih baik.

Sekiranya, kekurangan di tahun ini dapat diperbaiki untuk pelaksanaan tahun depan dan Insya Allah dapat menjadi agenda tahunan bagi dharma wanita unit Kopertis”. Di akhir acara diumumkan pemenang berbusana nasional terluwes, dimenangkan oleh ibu Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V Ibu Yun Widiati, S.H.