Tanggal 2 Mei tahun 2015 dilaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional di lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta yang diikuti oleh Pegawai dan Dosen DPK di lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Upacara yang sedianya dilaksanakan di lapangan sepakbola Kopertis Wilayah V Yogyakarta terpaksa dipindahkan ke lapangan tennis indoor Kopertis Wilayah V, dikarenakan hujan yang mengguyur Kota Yogyakarta semenjak pagi. Namun hal ini tidak mengurangi antusiasme dan semangat dari peserta upacara untuk mengikuti dan melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015 ini secara khidmat.

Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015 ini dipimpin oleh Ibu Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V yang ditunjuk sebagai Inspektur Upacara mewakili Koordinator Kopertis Wilayah V. Dalam pelaksanaannya Inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan tinggi dengan tema "Dengan Hari Pendidikan Nasional, Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi untuk Mendukung Daya Saing Bangsa".  Hal ini untuk mengingatkan kita semua betapa pentingnya sekarang ini meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Diakhir amanatnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tidak lupa menyampaikan "Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional, jayalah pendidikan tinggi, bersemailah inovasi"