Malam itu, suasana di kantor Kopertis Wilayah V  tampak berbeda dari biasanya.Satu per satu pegawai tampak berdatangan ke kantor Kopertis  dengan membawa bawaaan yang cukup banyak. Beberapa diantaranya juga terlihat diantar oleh anggota keluarganya. Malam itu adalah keberangkatan para pegawai Kopertis Wilayah V menuju tempat acara  Pelatihan Kompetensi Budaya dan Etos Kerja di kota Batu, Malang. Rombongan berangkat dari Yogyakarta pukul 19.15 WIB menggunakan jalur darat, yaitu bus. Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang selama kurang lebih 9 jam, akhirnya rombongan sampai di kota Batu, Malang esok harinya, pada pukul 04.20 WIB.

Setelah beristirahat sejenak, para Pegawai menuju Prambanan room untuk mengikuti acara pembukaan. Menurut Dra. Suci Mumpuni M.Si, acara yang berlangsung pada tanggal 10 s.d 13 September 2015 ini seharusnya diikuti oleh seluruh Pegawai Administrasi Kopertis Wilayah V Yogyakarta , yaitu sebanyak 72 orang. Tapi ada beberapa pegawai yang terpaksa tidak bisa mengikuti acara ini karena cuti dan sebagian ada penugasan di tempat lain. Bagaimanapun juga, menurut Bu Suci, patut disyukuri bersama bahwa akhirnya acara  Pelatihan Kompetensi Budaya dan Etos Kerja bagi Pegawai Admnistrasi Kopertis Wilayah V ini bisa terselenggara.

Acara yang mengusung tema Peningkatan Kompetensi, Budaya dan Etos  Kerja bagi Pegawai  Administrasi Kopertis Wilayah V Yogyakarta dibuka secara resmi oleh Ibu Yun Widiati SH selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V Yogyakarta.Dalam arahannya, Ibu Yun Widiati menyampaikan bahwa acara ini bertujuan agar tali silaturahmi dan keakraban diantara pegawai semakin kuat. Dipilihnya tempat di Malang, agar para pegawai bisa mendapatkan suasana yang lain dari biasanya, sehingga sepulang dari acara pelatihan, para peserta diharap menjadi fresh dan lebih bersemangat lagi untuk menjalankan tugas sehari-hari. Masih menurut Ibu Yun Widiati, masing-masing kantor mempunyai budaya kerja. Budaya kerja Pegawai Negeri Sipil secara umum berisi tentang nilai-nilai dan norma-norma. Diharapkan, dengan Budaya kerja yang baik, tahun ini Kopertis Wilayah V sudah masuk pada layanan prima dengan peningkatan kualitas pelayanan. Dan, budaya kerja akan berpengaruh pada Etos kerja. Sekretaris Pelaksana juga berharap, dengan menghadirkan narasumber seorang  enterpreuneur motivator, diharapkan para Pegawai bisa mendapatkan insprirasi agar bisa membaca peluang untuk mengembangkan usaha tanpa mengganggu tugas utama sebagai PNS. Terutama bagi pegawai yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas, diharapkan bisa mempunyai gambaran , kira-kira apa yang akan dilakukan setelah menjalani pensiun nantinya.

 

Malam harinya, Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta , Dr. Ir. Bambang Supriyadi CES.,DEA memberikan sambutan dan pengarahan bagi peserta pelatihan Kompetensi. Dalam sambutannya, Bapak Koordinator mengapresiasi terhadap tingkat kedisiplinan pegawai yang semakin baik. Bapak Koordinator juga berharap dengan sudah diberikannya tunjangan kinerja kepada seluruh pegawai, diharapkan para Pegawai senantiasa meningkatkan kinerjanya masing-masing. Lebih lanjut, beliau menyampaikan tentang evaluasi dan review program-program yang sudah dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah V , dan juga evaluasi kinerja tiap sub bagian.Di akhir sambutannya, Bapak Koordinator mengungkapkan harapan-harapan untuk kemajuan dan kebaikan Kantor Kopertis Wilayah V Yogyakarta pada umumnya.