Perpustakaan sebagai penunjang kegiatan penelitian dalam rangka mendukung fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi, harus menyediakan sumber informasi yang menjadi acuan dalam mencari literatur. Pustakawan merupakan profesi yang memiliki kontribusi besar dalam menyediakan sumber-sumber informasi diperpustakaan diharapkan memiliki pengetahuan yang luas termasuk perkembangan teknologi informasi dalam rangka penyebaran sumber informasi. Maka dari itu dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan pustakawan, Kopertis Wilayah V bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) DIY mengadakan pelatihan perpustakaan bagi putakawan PTS di lingkungan Kopertis Wilayah V. Pelatihan diadakan pada tanggal 29 - 30 September 2015 diikuti oleh 95 orang pustakawan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah V. Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V Yogyakarta, ibu Yun Widiati, SH yang dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya perpustakaan perguruan tinggi sehingga dibutuhkan SDM yang terampil dan berpengetahuan luas dalam mengelola sumber-sumber informasi.

Narasumber pelatihan ini berasal dari FPPTI DIY yang anggotanya berasal dari perpustakaan perguruan tinggi swasta  dan perguruan tinggi negeri di DIY yang salah satu materinya tentang repository institusi berbasis E-Print. EPrints merupakan perangkat lunak opensource yang digunakan untuk pengelolaan koleksi digital yang  memungkinkan pengelola perpustakaan mengunggah koleksi yang dimiliki sehingga dapat diakses pemustaka tanpa perlu datang ke perpustakaan. Repository institusi meliputi tugas akhir, laporan penelitian, artikel ilmiah dll. Selain itu E-print juga bisa digunakan untuk menyimpan gambar, data penelitian baik dalam bentuk suara maupun digital. Dengan penggunaan e-print diharapkan layanan repository yang dihasilkan oleh perguruan tinggi bersangkutan dapatdikelola dan dimanfaatkan dengan baik.
 
Peserta tidak hanya mendapatkan materi tetapi juga praktek langsung sehingga diharapkan ilmu yang didapat bisa langsung dipraktekan.