Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta

di lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta

di Yogyakarta

 

    Berdasarkan surat   Direktur Kelembagaan Ilmu  Pengetahuan Teknologi dan  Pendidikan Tinggi,  Kemristekdikti Nomor: 1105/C/KL/2015 tanggal 21 Desember 2015, hal Pengumuman Pengusulan Pendirian, Perubahan Bentuk dan Pembukaan Program Studi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2016 dengan hormat kami beritahukan bahwa :
 

  1.  Usulan pendirian dan perubahan perguruan tinggi serta usulan penyelenggaraan program studi dilakukan secara online/daring melalui laman silemkerma.dikti.go.id. dengan ketentuan mengenai pengusul, mekanisme pengusulan, dan persyaratan pengusulan dapat dibaca pada Panduan “Persyaratan dan Prosedur Pendirian, Perubahan Bentuk, dan Pembukaan Program Studi Perguruan Tinggi Swasta” yang dapat diunduh pada laman silemkerma.dikti.go.id.
  2. Dokumen usulan Pendirian, Perubahan Bentuk, dan Pembukaan Program Studi  Perguruan Tinggi Swasta diunggah pada bulan Desember 2015 sampai dengan Februari  2016 melalui laman silemkerma.dikti.go.id;
  3. Pengusulan Pendirian, Perubahan Bentuk, atau Pembukaan Program Studi PTS yang masih diberlakukan moratorium, Saudara bisa membaca pada Surat Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut di atas (surat terlampir);
  4. Salah satu persyaratan baik untuk pendirian /perubahan perguruan tinggi maupun  penambahan penyelenggaraan program studi adalah Rekomendasi dari L2 Dikti/Kopertis.
  5. Untuk memberikan rekomendasi, kami memerlukan persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 1 (satu) dalam bentuk softcopy  serta Surat Pernyataan bermaterai   Bebas Konflik dari Badan Penyelenggara maupun Pimpinan PT sebagai lampiran permohonan rekomendasi pendirian PT/Perubahan Bentuk PT maupun penambahan prodi.

    Sehubungan dengan hal tersebut di atas, perlu kami sampaikan pula bahwa untuk Surat Permohonan Rekomendasi baik  Pendirian/Perubahan PTS maupun penambahan Program Studi  paling lambat dapat kami terima paling lambat pada tanggal  15 Februari 2016, pada jam  kerja.
     

Perubahan Bentuk dan Pembukaan Program Studi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2016 dapat diunduh di sini.

Untuk Surat Direktur Kelembagaan IPTEK DIKTI Kemristekdikti dapat diunduh di sini.