Kopertis Wilayah V Yogyakarta, sesuai dengan fungsi pembinaan, terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan SDM di perguruan tinggi swasta. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan di tahun 2016 ini adalah Workshop Perpajakan bagi Pengelola Keuangan PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Workshop tersebut diselenggarakan pada tanggal 23 Februari 2016 di Ruang Sidang Utama Kopertis Wilayah V Yogyakarta, diikuti oleh para pengelola keuangan PTS sebanyak 106 orang. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber utama dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta. Wokshop diawali dengan penyampaian sambutan oleh Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA. Beliau juga memaparkan materi tentang Sistem Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara. Dalam materi tersebut, disampaikan mengenai berbagai program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bisa diakses oleh PTS melalui Kopertis Wilayah V Yogyakarta, di mana program-program tersebut tentu saja menuntut pengelolaan dana yang baik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pengelolaan dan pertanggungjawaban yang baik, Kopertis Wilayah V Yogyakarta memberikan fasilitas pendampingan, yaitu melalui Workshop Perpajakan tersebut.

Di kesempatan kedua, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V DIY, Ibu Yun Widiati, S.H. menyampaikan pemaparan tentang Pengelolaan Dokumen Pajak. Terdapat berbagai dokumen yang berkaitan dengan perpajakan di Kopertis Wilayah V Yogyakarta, namun belum semuanya mampu diterbitkan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Surat Rekomendasi yang diperlukan oleh yayasan untuk memperoleh fasilitas pengecualian pajak terhadap Sisa Lebih Penggunaan Dana di yayasan. 

Sebagai materi utama, yaitu simulasi penggunaan e-SPT Badan, menghadirkan narasumber dari KPP Pratama Yogyakarta, yaitu Bapak Alfin Subarkah dan Eko Subroto. Dalam sesi tersebut, peserta dipandu untuk menginstal aplikasi e-SPT Badan dan belajar mengoperasikannya. Sesuai dengan Peraturan Dirjen Pajak nomor PER-03/PJ/2015, setiap Wajib Pajak Badan harus menyampaikan SPT Tahunan secara elektronik. Para peserta sangat antusias mengikuti simulasi ini, dengan harapan untuk bisa diaplikasikan di institusinya masing-masing. Dalam simulasi ini, peserta bisa belajar memasukkan berbagai data keuangan ke dalam aplikasi e-SPT, untuk kemudian hasil akhirnya merupakan data yang akan dikirimkan ke kantor pajak.

Pak Alfin Subarkah menyampaikan bahwa aplikasi ini memberikan banyak sekali manfaat, di antaranya; penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat dan aman, data perpajakan terorganisir dengan baik, penghitungan dilakukan secara cepat dan tepat karena menggunakan sistem computer, menghindari pemborosan penggunaan kertas dan berkurangnya pekerjaan-pekerjaan klerikal perekaman SPT yang memakan sumber daya yang cukup banyak.

Peserta merasa senang dengan adanya workshop ini, selain sebagai media silaturahmi antar pengelola perpajakan, juga sebagai ajang belajar dan upgrade pengetahuan seputar perpajakan. Mereke mengharapkan kegiatan semacam ini bisa terus diadakan di tahun mendatang.

Berikut kami sampaikan bahan Workshop perpajakan bagi pengelola keuangan PTS Kopertis Wilayah V Yogyakarta.

Download disini