Dalam rangka menerapkan ilmu manajemen di lapangan, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan program EduTrip. Program dilakukan dengan menerjukan 97 mahasiswa di dua lokasi terpisah, yaitu pra-koperasi pekerja tas rajut “Retina” di Desa Hargorejo, Kulon Progo dan usaha bersama paperbag “Trini Karya” di Dusun Trini, Sleman.

            Kedua lokasi di pilih karena selama 4 bulan sebelumnya beberapa mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen UMBY telah merintis berdirinya pra-koperasi bersama ibu-ibu buruh harian lepas yang membuat tas rajut dan tas kertas di lokasi tersebut. Pra-koperasi dirintis untuk meningkatkan kesejahteraan para buruh yang sebelumnya diupah amat murah dalam sistem produksi yang ada.

            Edutrip berlangsung selama 1,5 bulan, dengan total 11 pertemuan di balai dusun/RT dan pendampingan meliputi aspek manajemen produksi, SDM, pemasaran, dan keuangan usaha. Di samping berbagi ilmu dan ketrampilan manajemen, peserta Edutrip juga melakukan fasilitasi produksi dan pemasaran melalui pengadaan mesin jahit, mesin sablon, mesin pelobang kertas, disain/sampel produk, website, katalog, company profile, etalase, dan buku anggota.

            Program EduTrip merupakan salah satu model baru pengabdian masyarakat di lingkungan Universitas. Hal ini karena EduTrip secara kelembagaan mendukung mahasiswa Prodi Manajemen UMBY yang mendirikan pra-koperasi bersama para warga terutama ibu-ibu buruh harian lepas di Desa Hargorejo dan Dusun Trini yang belum sejahtera.

Dalam hal ini, Pra-koperasi pekerja tas rajut “Retina” Hargorejo diketuai oleh Nuril Anwar Santosa dan usaha bersama paperbag “Trini Karya” diketuai oleh Nuli Wilujeng Saputri, keduanya adalah mahasiswa Prodi Manajemen UMBY. Sementara penasehat di kedua pra-koperasi tersebut adalah Awan Santosa, S.E, MSc, dosen Prodi Manajemen UMBY dan Koordinator Program Edutrip 2016-2017.

            Program EduTrip akan diakhiri pada tanggal 12 Februari 2017 dengan penandatanganan MoU tindaklanjut kemitraan bersama pengurus pra-koperasi di kedua desa. Dengan bagitu diharapkan misi EduTrip untuk menebar ilmu manajemen bagi usaha bersama dan UMKM sesuai khittah UMBY sebagai kampusnya “pembela kaum papa” terus berlanjut ke depannya. 



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.