Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UMBY mengadakan seminar hasil penelitian dan pengabdian masyarakat hibah Kemenristek Dikti Tahun 2016 bagi dosen UMBY pada Kamis, 2 Februari 2017 di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus I.

Dr. Ir. Bayu Kanetro MP, Ketua LPPM mengatakan seminar ini merupakan kelanjutan  proses kewajiban dosen yang memperoleh hibah untuk melakukan seminar hasil penelitian dan pengabdian tahun 2016. Seminar yang dihadiri oleh 67 ketua peneliti  yang mempresentasikan hasil penelitian dan pengabdian  yang  sumber dananya dari  Kemenristek Dikti maupun UMBY. Penilaian dilakukan oleh reviewer internal, untuk  bidang ilmu sosial kependidikan ketuanya  Dr Kamsih Astuti sedangkan  untuk  sains teknologi dengan ketua  Dr Sundari.

Pada tahum 2016 LPPM UMBY berhasil mengelola dana penelitian dan pengabdian masyarakat mencapai hampir 2 Milyar, yang   75%  berasal dari hibah Kemenristek Dikti.  Terpilih penelitian terbaik yang sumber dana hibah Kemenristek Dikti berturut turut yaitu rangking 1 penelitian MP3EI dengan tim peneliti multi disiplin dari  bidang Teknologi Pangan, psikologi yang mendapat total dana 330 juta Ketua Dr Bayu Kanetro,  ke-2  penelitian Hibah Bersaing  dengan ketua Ir Sonita Rosningsih MSi memperoleh dana180 juta dan ke-3 penelitian hibah bersaing dengan ketua Dra Umul Aiman MSi   total dana 110 juta.

Pada kesempatan tersebut juga dihadirkan narasumber reviewer Dikti yaitu Dr Yusril Yusuf dari LPPM UGM yang menjelaskan penelitian berbasis luaran berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan dan peraturan Kemenristek Dikti terbaru. Dr Bayu Kanetro menuturkan “seminar ini juga sebagai persiapan pelaksanaan riset tahun 2017, agar para dosen mampu menghasilkan luaran riset  berkualitas dan terpublis di jurnal internasional”. Walaupun terjadi  penurunan anggaran penelitian dari kemenristek Dikti dan ketatnya kompetisi, pada tahun 2017 UMBY berhasil mendapatkan 28 judul hibah Kemenristek Dikti.