Akreditasi dalam prodi Perguruan Tinggi merupakan pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya.

Akreditasi juga merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Akreditasi untuk dunia kesehatan semenjak tahun 2014 dilakukan oleh LAM-PTKes yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Karena LAM-PTKes tak hanya melakukan penilaian terhadap prodi bidang kesehatan, tetapi juga pembinaan dan pengawasan. 

Setelah mempersiapkan materi borang akreditasi baik dosen dan non dosen serta civitas akademik lainnya termasuk bukti-bukti pendukung lampiran borang khususnya dalam penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, prodi kebidanan yang awalnya mendapat akreditasi B, hasil visitasi akreditasi yang turun bulan ini, prodi dapat mempertahankan kembali dengan selisih point lebih yang signifikan, harapan kedepannya jika dapat menambah sedikit point maka akreditasi A akan menjadi kenyataan.

Puji syukur prodi kebidanan Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dapat mempertahankan akreditasi B, dengan selisih point yang signifikan.  



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.