Dalam jenjang magister profesi psikologi terdapat 3 konsentrasi studi yang dianggap sangat menentukan profesi psikolog ke depan. Ketiga konsentrasi studi itu adalah psikologi klinis, psikologi pendidikan, serta psikologi industri dan organisasi. Di Indonesia konsentrasi ini dapat diaplikasikan dalam bidang pekerjaan professional maupun  klinis. Sedangkan untuk dapat meraih sukses di dunia kerja, seorang psikolog professional dituntut memiliki motivasi dan etos kerja yang baik.


Demikian disampaikan oleh Dr.rer.nat. Arief Fahmie, M.A., Psikolog selaku dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya FPSB. Hal itu disampaikannya ketika memoderatori 2 profesor asal Portugal dalam acara kuliah umum mahasiswa baru Program Studi Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Senin (4/9) di Ruang Auditorium FPSB lantai 3.

Kedua orang profesor dari Portugal itu adalah Prof. Leonor Pois dari Universitas Coimbra dan Prof. Nuno Rebello Dos Santos dari Universitas Evora yang menyampaikan kuliah tentang “Kepemimpinan, Kerja yang Baik dan Motivasi Kerja dalam Prespektif Internasional”.

Dalam presentasinya, Prof. Leonor Pois menyampaikan bahwa mahasiswa S2 magister Psikologi, apapun konsentrasinya dalam kuliah harus mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari dalam dunia kerjanya nanti. “Sesuaikan dengan posisi yang tertera dalam undangan kerja yang kalian terima nanti“. Ungkapnya.

Ia juga menyampaikan poin-poin penting tentang nilai kepemimpinan. Bahwa yang harus dipahami dalam kepemimpinan di antaranya adalah pemimpin merupakan panutan, dampak seorang pemimpin juga berlangsung lama, serta pemimpin memberikan pengaruh bawahannya dan orang-orang disekitarnya.

“Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mendukung timnya, mampu memberikan contoh perilaku yang baik,  memberikan dorongan sosial dan emosional, serta memiliki tujuan yang jelas bagi kemajuan yang dipimpinnya”. Ungkapnya.

Sedangkan dalam hal bekerja yang baik, Prof. Nuno Rebello Dos Santos menyampaikan bahwa salah satu elemen dasar yang harus harus diperhatikan untuk bekerja yang baik adalah waktu kerja dimana kita harus mempertimbangkan dan menyesuaikan waktu kerja kita dengan kesehatan kita.



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.