Dalam rangka Dies Natalis yang ke-35, Universitas Widya Mataram (UWM) melaksanakan penyuluhan untuk memberdayakan masyarakat yang bergerak di sektor produksi, khususnya produksi pangan. Kegiatan telah terselenggara pada hari Kamis, 28 Oktober 2017 di Kecamatan Kasihan, Bantul.

Sektor produksi merupakan sektor strategis dalam mendukung pengembangan suatu daerah. Salah satu sektor produksi yang diharapkan mampu mendukung perekonomian daerah adalah ekonomi kreatif. Oleh karena itu, Kecamatan Kasihan Bantul memiliki program pengembangan ekonomi kreatif, khususnya Program Kajigelem bagi wilayah Kalurahan Bangunjiwo. Sejalan dengan hal tersebut, melalui kerjasama dengan UWM, Camat Kasihan (Drs Sambudi Riyanto) mempersiapkan warganya yang bergerak di sektor produksi agar lebih siap menghadapi program tersebut.

Salah satu program kerjasama antara UWM dengan Kecamatan Kasihan telah direalisasikan, sekaligus dikaitkan dengan momentum Dies Natalis UWM, yaitu pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tahap awal yang telah terlaksana Kamis lalu adalah penyuluhan dengan tiga materi. Materi pertama tentang Ijin Edar Produk yang disampaikan oleh Masrukan, STP, MSi, dosen Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan UWM. Materi kedua tentang Manajemen dan Strategi Pemasaran Produk disampaikan oleh Dra Nany Noor Kurniyati, SE, MM, MSc, dosen Prodi Manajemen UWM. Materi ketiga tentang Perlindungan Produk dan Hak Kekayaan Intelektual disampaikan oleh Erna Tri Rusmala Ratnawati, SH, MHum, dosen Prodi Ilmu Hukum UWM.

Warga Kecamatan Kasihan yang merupakan pelaku industri kreatif yang hadir sebagai peserta dalam acara penyuluhan tersebut menyambut gembira dan sangat antusias mengikuti penyuluhan. Mereka juga meminta agar UWM tetap selalu mendampingi kegiatan usaha yang dilakukan. Program penyuluhan tersebut tidak hanya membuka wawasan, tetapi juga telah menumbuhkan tekad dan niat para warga untuk menjadi pelaku industri yang tangguh dan punya daya saing tinggi.

 



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.