Program studi Magister Psikologi Profesi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), periode Oktober 2017 ini kembali mengambil sumpah profesi psikolog baru. Sumpah  profesi Psikolog Angkatan XII berlangsung khidmat, dengan dipimpin oleh Ketua Hipunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Drs. Helly P Sucipto, MA. Sebanyak 29 psikolog baru diambil sumpah keprofesian psikolog sesuai dengan agama masing-masing, sekaligus  penyerahan Surat Ijin Praktek Psikolog yang berlangsung di Hotel Inna Garuda Yogyakarta pada Jumat (20/10/17).  Hadir dalam pengukuhan ini, Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah dan segenap pimpinan Universitas. 
 
Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Kamsih Astuti menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 2008 hingga 2017 ini, UMBY telah melahirkan sebanyak 110 psikolog baru yang tersebar di seluruh Indonesia. “Sangat besar harapan kami, untuk para psikolog baru ini dapat berpartisipasi dalam memajukan dan mengembangkan bangsa Indoensia di bidang psikologi yang dari tahun ke tahun semakin dibutuhkan,” ujar Kamsih. 
 
Drs Helly P Sucipto, MA juga  mengungkapkan harapannya agar para psikolog baru dapat menjadi psikolog profesional. Psikolog harus memegang teguh 3 kunci untuk bisa menjalankan keprofesionalannya. Yakni, menyandarkan pada konsep teori, harus bersedia meningkatkan kompetensi, dan mentaati kode etik psikolog.
“Tantangan ke depan sangat besar. HIMPSI dalam waktu dekat akan mengadakan sertifikasi terharap psikolog Indonesia untuk menghindari praktek psikolog ilegal dan menghindari persoalan hukum, serta untuk menjaga nama baik profesi,” pungkas Helly. 
 


Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.