Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia mengadakan seminar sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Selasa (21/11/2017). Acara yang diselenggarakan di kampus 1 UAD, Jln. Kapas 9, Semaki, ini menghadirkan 3 pembicara.

Mereka adalah Didik Kusnaini Kepala Subdirektorat Penyusunan Anggaran Belanja Negara 1, Ika Ristianingsih Kepala Seksi Evaluasi Dampak Ekonomi Makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dan Kurnia Chairi Kepala Subdirektorat Analisis Ekonomi Makro dan Pendapatan Negara. Acara dimoderatori oleh Dini Yuniarti, Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan.

Seminar ini terselenggara atas kerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UAD dan Kemenkeu RI, Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Tema yang diangkat “Budget Goes to Campus UAD”. Materi yang disampaikan mengenai penyusunan dan peran strategis APBN dalam perekonomian nasional, reformasi keuangan negara, kebijakan APBN 2017.

Dr. Kasiyarno, M.Hum., Rektor UAD dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenkeu RI menyelenggarakan seminar sosialisasi APBN yang diadakan hanya tiga kali dalam satu tahun ini. “Sebuah kepercayaan UAD menjadi tuan rumah seminar oleh Kemenkeu RI. Tidak semua perguruan tinggi mendapat kesempatan ini.”

Ia menambahkan, perguruan tinggi harus mengikuti tren perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Saat ini kita memasuki era disrupsi, era yang diartikan sebagai masa bermunculannya inovasi-inovasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi. Jika dikaitkan dengan Prodi Ekonomi Pembangunan, saya kira ada opsi prodi ini berganti menjadi ilmu ekonomi. Pertimbangannya, ilmu ekonomi mempelajari lebih banyak hal yang mencakup hampir semua lini ekonomi.” (ard)



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.