Lansia dinilai merupakan satu fase yang perlu perhatian khusus, dan salah satu ide adalah pendirian taman bacaan khusus lansia yang bertujuan memberikan peningkatan kualitas hidup. Dengan adanya taman bacaan lansia ini diharapkan lansia bisa mencari apa yang tidak diketahui dengan cepat, punya teman setia yaitu buku dan punya aktifitas positif yaitu membaca .

Berdasarkan hal tersebut maka LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras Dusun Blendung dan Bina Keluarga Lansia (BKL) Mekar Sari Dusun Menulis Desa Sumber Sari menginisiasi pembangunan Taman Bacaan Lansia di dusun Blendung dan Menulis Sumbersari Sleman. Dua Taman bacaan ini adalah sebagai wujud pengabdian masyarakat dalam program PKM (Program Kemitraan Masyarakat) yang didanai Kemenristekdikti.

Sinergi pembangunan taman bacaan melibatkan 3 dosen UMBY yaitu  Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si, Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA dan Arita Witanti, S.T., M.T. yang dibantu oleh pustakawan dan mahasiswa. Selain itu Mitra pengabdian BKL (Bina keluarga Lansia) Mugi Waras dusun blendung dan BKL (Bina keluarga Lansia) Mekar Sari dusun menulis memberikan kontribusi dengan menyediakan lokasi taman bacaan. Di dusun Blendung taman bacaan berlokasi di rumah ibu Djumanah dan di dusun Menulis berlokasi di rumah ibu Tutik.

Pembangunan taman bacaan lansia sendiri memanfaatkan salah satu bagian dari rumah warga yang merupakan kader BKL. Taman bacaan lansia di dua dusun ini memiliki 100 koleksi buku, 50 majalah dan sejumlah dokumen multimedia. Kelengkapan koleksi masih diupayakan terutama koleksi multimedia.

Selain itu sudah dilengkapi Software untuk pengolahan koleksi SLiM . Satu lagi fasilitas wifi juga disediakan untuk meningkatkan pencarian sumber referensi dari perpustakaan digital nasional dan referensi multimedia di internet.

Pendirian taman bacan lansia ini dimulai dari bulan Maret 2018, diawali dengan pencarian minat buku koleksi yang dibutuhkan oleh warga lansia . Umumnya warga menyukai koleksi seputar kesehatan, hobi , dan ketrampilan. Bulan April dan Mei selain selama proses pemesanan kelengkapan dan hutting buku ke penerbit, para kader BKL mendapatkan materi tentang perkembangan lansia dan media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling. Mulai Juni proses pengolahan buku, kelengkapan setting taman bacaan serta sirkulasi dilanjutkan. Pihak UMBY juga memberikan pelatihan khusus tentang pengolahan koleksi kepada pengurus harian taman bacaan.

Projek taman bacaan lansia ini masih akan dilengkapi sampai bulan Juli dengan program pelatihan e-library oleh kepala perpustakaan UMBY dan pelatihan office oleh mahasiswa oleh mahasiswa teknik informatika UMBY yang direncanakan berjalan minimal satu kali.  Setelah itu akan dilanjutkan dengan evaluasi tentang taman bacaan lansia  sebagai media pembelajaran, pendidikan dan pelatihan tentang perkembangan lansia serta media pembelajaran untuk melakukan penyuluhan, pembinaan dan konseling untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.