Suasana pengarahan dan tes wawancara AP II di STTKD.

PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta (Soetta) melakukan seleksi kebutuhan sumber daya manusia penerbangan dengan menyeleksi taruna Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta pada Senin (30/7/2018) hingga Selasa (31/7/2018).

Sebanyak 60 taruna yang telah menyelesaikan pendidikan mengikuti seleksi tersebut. Adapun tim penyeleksi dilakukan oleh PT Satya Ardhia Angkasa yang berkantor di Gedung 628 Kompleks Bandara Soetta. Nantinya peserta rektruitmen yang lolos akan ditempatkan di PT Angkasa Pura 2 Bandara Seokarno Hata bagian Customer Service.

Ketua PLH STTKD Ibu Vidyana Mandrawaty, S.E., M.M. menjelaskan, total ada 60 taruna STTKD yang mengikuti perekrutan dalam dua gelombang selama dua hari. Mereka terdiri dari taruna tingkat akhir, taruna yang akan diwisuda serta sejumlah alumni yang baru saja lulus. Adanya rekruitmen langsung membuat kami mengetahui letak kekurangan kompetensi yang dimiliki taruna saat mengikuti seleksi sehingga bisa menjadi materi strategi pengembangan kurikulum. Kami menargetkan dengan kompetensi yang telah diberikan, ke depan alumni STTKD bisa mengisi banyak posisi di AP I, AP II maupun PT Gapura Angkasa. Selain perusahaan tersebut, STTKD telah melakukan berbagai pendekatan dan kerjasama dengan sejumlah perusahan lain seperti PT. GMF dan PT Batam Aero Technic.

Selain mematangkan kesiapan SDM di internal, kerjasama eksternal terus dihelat untuk menunjukkan bahwa STTKD siap memasok SDM penerbangan. Apalagi saat ini penelaian akreditasi perguruan tinggi juga melibatkan keterserapan alumni di dunia kerja sesuai dengan bidang yang diadakan yaitu kedirgantaraan. (Sunartono)

Direktur PT Satya Ardhia Angkasa, Suhariyanto, S.E., MAK., CMA mengatakan, “Kami membutuhkan 150 orang untuk menempati Customer service di PT Angkasa Pura 2, tetapi  sampai sekarang kuota itu belum terpenuhi. Sehingga kami secara khusus datang ke STTKD Yogyakarta  melakukan rekruitmen langsung,” Saat meninjau langsung walk interview di STTKD Yogyakarta.

Dijelaskan keputusan melakukan penjaringan di STTKD dengan pertimbangan lembaga itu punya jurusan yang kompetensinya sesuai kebutuhan, selain itu ada beberapa lulusan STTKD sudah bekerja di PT Angkasa Pura 2. Dengan pertimbangan itu diputuskan rekruitmen dilakukan di STTKD  Yogyakarta. (Roy)

Apalagi ke depan, perusahaan penerbangan minimal harus menerima dari DIII, Jenjang SMK Penerbangan saat ini sudah tidak dibutuhkan karena masih kurang dari sisi kematangan personel. Pihaknya turut berkolaborasi dalam Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Indonesia (Aldikapi), sehingga prodi DIII dan DIV Manajemen Transportasi Udara STTKD lulusannya bisa mengambil pendidikan Avsec di lembaga lain yang sudah memiliki izin Avsec, Dangerous Goods (DG), General Sales Agent (GSA) hingga Air Traffic Controller (ATC).

Seleksi mulai dilakukan dari tes fisik, dilanjutkan dengan wawancara, selanjutnya data akan diolah di Jakarta kemudian hasilnya diserahkan ke STTKD terkait taruna yang lolos. Taruna yang lolos seleksi akan dipanggil ke Jakarta untuk seleksi lagi hingga final di tim manajemen. (Sunartono)



Isi berita diunggah oleh admin perguruan tinggi, dan menjadi tanggung jawab admin perguruan tinggi tersebut.