Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia DIY  (FPPTI DIY) yang bermula dari pertemuan pengelola perpustakaan PTN dan PTS se DIY, saat ini memiliki anggota yang berasal dari Perpustakaan PTN, PTS dan Perguruan Tinggi Kedinasan  berharap mampu meningkatkan profesi sumber daya manusia perpustakaan, kerjasama antar perpustakaan Perguruan Tinggi dan meningkatkan peran perpustakaan Perguruan Tinggi dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi terutama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Kunjungan rombongan FPPTI DIY ke Kopertis Wilayah V DIY, Kamis (26/06) dipimpin Ketua FPPTI DIY Anastasia Tri Susiati, S.Kom., MA didampingi 7 pengurus lainnya. Rombongan diterima Koordinator Kopertis Wilayah V, Sekretaris Pelaksana, Kasubbag Tata Usaha dan staf  perpustakaan. Anastasia Tri Susiati selaku ketua FPPTI DIY menjelaskan kedatangannya ke Kopertis Wilayah V selain untuk audiensi dengan Koordinator Kopertis Wilayah V, tetapi juga melalui program kerjanya berupaya melakukan kerjasama dan berbagi pengetahuan dengan seluruh anggota serta mensosialisasikan FPPTI DIY dengan difasilitasi Kopertis Wilayah V kepada perguruan tinggi swasta yang berada dalam lingkup Kopertis Wilayah V lainnya yang belum tergabung FPPTI DIY. 
 
Koordinator Kopertis Wilayah V menyambut baik dan merasa senang atas kunjungan FPPTI DIY, beliau berharap melalui forum ini terjalin kerjasama antar perpustakaan baik perpustakaan PTS maupun PTN sehingga meningkatkan kualitas pemanfaatan perpustakaan. Sependapat dengan Koordinator Kopertis Wilayah V, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah V juga berharap FPPTI DIY mampu menjalankan program kerjanya dalam menjalin kerjasama dengan perpustakaan yang belum menjadi anggota FPPTI DIY dengan difasilitasi Kopertis Wilayah V baik dengan mengadakan  pertemuan maupun acara-acara pelatihan dibidang perpustakaan. 
 
Dalam kunjungan itu Rombongan FPPTI DIY juga berkesempatan melihat secara langsung perpustakaan Kopertis Wilayah V. ”Wah,Koleksi Prosidingnya lengkap apakah kita boleh menfoto copy?” kata salah satu pengurus saat melihat langsung koleksi bahan pustaka di perpustakaan Kopertis Wilayah V.